Jika sebelumnya penulis menggunakan redmi note generasi awal (versi mediatek) yang kala itu harganya masih diatas 2 juta, akhirnya penulis memutuskan untuk mengganti smartphone di karenakan tidak tersedianya jaringan 4G (LTE) di redmi note yang penulis miliki. Setelah browsing tentang ponsel dengan jaringan 4G akhirnya penulis memutuskan membeli redmi 4x dengan pertimbangan harganya yang murah, casing logam, finger print dan tentu saja jaringan 4G.

Jika sebelumnya penulis terbiasa memegang smartphone dengan layar 5.5 inch kemudian beralih ke layar 5 inch rasanya agak berbeda, namun akhirnya penulis lebih menyukai mengengam smartphone redmi 4x ini dibandingkan dengan redmi 4x.

Penulis membeli ponsel ini seharga 1.450.000 dengan ram 2 GB dan ROM 16 GB garansi distributor warna black. saya menganggap spesifikasi diatas sudah mencukupi bagi saya.




OS android yang digunakan oleh ponsel ini adalah MIUI dengan versi 8. Smartphone yang di produksi oleh xiaomi untuk versi tahun 2017 keatas menerapkan sistem keamanan di mana bootloader nya di kunci, sehingga bagi orang yang suka menginstal custome rom bagi smartphone buatan xiaomi di harus kan melakukan langkah mengunlock bootloader.

Penulis mendapatkan redmi 4x yang kami beli sudah berada dalam posisi unlock bootloader. Dikarenakan redmi 4x yang dibeli penulis adalah garansi distributor dan ternyata MIUI yang di gunakan sudah versi global, kemungkinan sebelum di jual di indonesia pihak distributor menginstal kembali versi MIUI yang sebelumnya MIUI versi china ke versi global sehingga harus mengunlock bootloadernya terlebih dahulu.


Mengusung baterai sebesar 4.100 mAh tentu saja merupakan keungulan tersendiri bagi smartphone ini. Dengan layar yang hanya 5 inch smartphone ini bisa bertahan seharian penuh dengan pemakaian normal.


Untuk urusan kamera, smartphone ini dibekali dengan camera beresolusi 13 MP belakang dan 5 MP di depan menggunakan sensor samsung (belakang) dan omni (depan). Hasilnya tidaklah jelek jika dalam kondisi yang cukup cahaya. Namun dalam kondisi kurang cahaya hasilnya menurun



kondisi cukup cahaya

kurang cahaya

untuk urusan perekaman video smartphone ini dapat merekam dengan resolusi HD, hasilnya pun tidak buruk dalam kondisi cukup cahaya


 Xiaomi Redmi 4X
ProsesorQualcomm Snapdragon 435 1.40GHz octa-core
RAM2 GB/ 3GB
OSAndroid 6.0 Marshmallow + MIUI 8
GPUAdreno 505
Memori Internal16 GB / 32GB
KameraDepan 5MP, Belakang 13MP
Baterai4.100 mAh
Layar5 inci HD (1280x720 piksel)
HargaRp. 1.500.000 / Rp1.999.000