28 Mei 2015, Google baru saja merilis Android M semalem (waktu Indonesia). Dan ada beberapa hal yang ditingkatkan ama Android M ini. Tapi kali ini, ane pingin main banding2an dikit ah, antara Android M ama MIUI 6, terutama dalam hal yang fundamental ya:

1. Permissions

Android M
Jadi di Android M ini ada namanya permissions app. Yang fungsinya ya....kalo udah pernah pake MIUI V5 pasti tau lah fungsinya permissions apa. Tapi ya tetep kita jelasin deh. Fungsinya untuk memberikan izin terhadap aplikasi yang lagi dipake. Misalnya ada aplikasi yang butuh akses gps ato kontak pribadi kita, bakal kita izinin ato ga gitu.

Jadi kedepannya bakal banyak muncul pop up permission di aplikasi-aplikasi yang selama ini pernah kita pake. Jadi mengingatkanku akan Windows Vista ke atas, banyak banget pop up perizinan. Apa mungkin ntar jadi gini ya...

"Kamu yakin mau izinakan fitur aplikasi ini, karena bisa bahaya lho" > Yes.
"Beneran yakin?" > Yes.
"Tapi kalo kenapa2 kita ga tanggung jawab" > Yes.
"Jangan nyesel lho ya.." > Udah diem! Ane tetep iYes, ga tau kalo mas Aneng.

cropped_runtime_permissions.png ​

MIUI 6
Kalo di MIUI, sebenernya udah ada nih fungsi permission sejak di MIUI v5, adanya di dalem security app > permissions. Fungsinya, samalah ama Android M. Maaf ya Android M, kayaknya MIUI masih sedikit lebih komplit security app nya. Ada cleaner, data usage, blocklist, battery, virus scan dan Permission. Bahkan di permissionnya udah ada root access pula kalo pake yang developer ROM.

Eh tapi ntar kalo MIUI udah pake Android M, apa bakal ada permintaan perizinan doble ya? Hmmm...


89DCP6v.png
2. App Links

Android M
Nah ini salah satu fitur fundamental yang lebih meringkas deh kayaknya. Kalo dulu misal kita dapet email yang isinya link twitter, terus kita pilih link tersebut, bakal muncul pilihan, mau dibuka lewat apa? Browser bawaan, Google chrome, Firefox, Twitter app, dll. Di Andrdoi M, semuanya dipersingkat, karena di link tersebut ada twitter nya, maka bakal langsung dibawa ke twitter app.

MIUI 6
Karena masih based on Kitkat ato Lollipop, jadinya yang ada masih nanyain, mau dibuka pake apa? Kecuali kalo udah diset defaultnya.

3. Batre

Android M
Nah ini yang keren, di Android M bakal ada fitur baru namanya Doze yang bakal nge-manage daya yang keluar. Jadi kalo pas device ga dipake, maka Android M bakal bikin refreshnya lebih kecil biar batrenya lebih awet. Intinya kayak semacam memperbaiki deepsleep gitu :)

MIUI 6
MIUI juga butuh nih fitur fundamental yang satu ini, karena beberapa user masih ngerasain battery drain yang lumayan juga. Sebenernya kalo mau bisa pake greenify koq. O iya, di MIUI ada fitur battery saving lho, jadi pas jam2 tertentu bisa diset lebih battery friendly gitu.

4.Now on tap

Android M
Android M bakal memperbaiki Google Now nih jadi lebih canggih lagi. Contohnya gini, misal temen kita ngirim sms buat ngajakin kita dinner di restoran baru, terus ga perlu pindah2 lagi, cukup tanya pake Google Now. Nanti Google bakal munculin menunya, reviewnya, bahkan sampe booking meja ato navigasi kesana juga bisa.

cropped_now_on_tap (1).png ​

MIUI 6
Kalo yang ROM China ga bakal ada nih Now on top, karena di Tiongkok sana ga bisa sama sekali pake google. Jadi MIUI ngasih alternatif asisten sendiri yang pake bahasa Mandarin. Jadi kalo kita ga tinggal di Tiongkok, kita masih perlu banget nih fitur Now on top nya Android M

5. Android Pay & Fingerprint

Android M
Yaaaaaay!!! Akhirnya kita bisa make fingerprint di HP Android kita buat beli2 di Goole Play ato unlock HP. Ditunggu2 banget deh pokoknya nih, biar lebih gaya gitu :p

Dan ada tambahan lagi namanya Android Pay yang ngemudahin kita buat bayar pembelian di toko yang udah jadi parternya Android Pay lewat NFC. Tapi ya....kayaknya masih terbatas di US sana. Jadi untuk orang-orang Indonesia seperti kita sabar dulu ya, Pantengin terus!

MIUI 6
Ga banyak yang perlu ditambahin, cukup tambahin aja Fingerprint ke MIUI 7 (mungkin) biar lebih keren!


O iya, kira2 MIUI 7 bakal pake base apa ya? Android L ato Android M? Dan menurut kalian apa sih update terbaru dari Android M yang paling wah! Share di bawah dan kasih alasannya ya.
Source : http://miui.web.id/forum/threads/review-android-m-vs-miui-6-yuk-kenalan-lebih-deket.3812/#post-23073