Setelah hampir setahun akhirnya kebersamaan saya dengan Smartphone andromax U LE saya berakhir hari ini. Hampir dua tahun saya setia menggunakan layanan dari operator smarfren, mulai dari produk andromax pertama andromax e860 kemudian andromax i dan terakhir androma U LE. banyak pengalaman suka maupun duka menggunakan Handphonenya smartfren ini.

Hal yang paling saya sukai adalah murahnya handphone yang di produksi smartfren, jika quadcore pada zaman itu dihargai 2 jutaan, maka handphone smartphone smartfren ini dibandrol dengan harga yang 1,5 jutaan, cukup menarik memang.







Dari segi duka yang saya dapatkan adalah jaringan smarfren yang belum bagus. Hal ini saya alami baik ditempat kerja maupun ketika bepergian ke luar kota. Jaringan smartfren yang belum seberapa bagus, jika di rumah (kota malang) jaringan smartfren memang sangat bagus namun ketika saya ketempat kerja (daerah kabupaten malang) sinyal smartfren sangat buruk, malah terkadang tidak ada sinyal. Apalagi di daerah kampung halaman saya lampung barat sinyal smartfren tidak ada.

Kemudian dari segi paket dan kecepatan internet, untuk paket dahulu smartfren memberikan paket unlimited namun kecepatanya sangat lambat (kalau tidak salah < 200 kbps / 20 KBps). Ada juga paket quota dimana ketika kita membeli pulsa 25.000 maka quota yang kita dapat hanya 600 MB, cukup sedikit memang. Saya membandingkan quota ini dengan quota 3 yang dipakai smartphone istri saya. Dimana saya membeli perdana 3 AON 1 tahun quota regulernya 7 GB, belum lagi ditambah akses gratis ke 10 situs dan kecepatan internetnya pun diatas smartfren. Dari segi kecepatan, lagi-lagi pihak smartfren masih membekali jaringanya dengan akses evdo rev A (walaupun katanya sudah ada rev B yang kecepatanya lebih baik) dimana kecepatan teknologi ini berkisar 3,1 Mbps. Namun kenyataan di lapangan kecepatan yang kami peroleh tidak lebih dari 1 Mbps.

selanjutnya yaitu berkaitan tentang tidak bisa digantinya kartu CDMA smartfren dengan CDMA operator yang lain. Ini merupakan konsekuensi dengan harga murah dari smartphone smartfren mungkin, kita mau tidak mau harus menggunakan operator mereka. Lah kan GSMnya bisa di gonta-ganti ? perlu diketahui bahwa untuk GSM dari smarphone keluaran smartphone ini hanya terbatas teknologi EDGE yang kecepatanya sangat lambat.

Mungkin itu pengalaman saya menggunakan smartfren yang mempunyai semboyan i hate slow. Semoga kedepanya pihak smartfren tidak hanya rajin mengeluarkan paket produk smarphonenya, namun juga memperbaiki kualitas jaringannya juga.