Saturday, 6 April 2013

Membuat form untuk cek pulsa di gammu

Tidak semua modem yang bisa di gunnakan untuk sms gateway menggunakan gammu bisa digunakan untuk melakukan cek pulsa. Pengecekan pulsa untuk semua operator GSM menggunakan perintah USSD. USSD merupakan kepanjangan dari Unstructured Supplementary Service Data yang memiliki kegunaan sebuah protokol yang digunakan untuk berkomunikasi dari handphone / cellphone/ handset pengguna ke penyedia layanan telekomunikasi (dan sebaliknya). Wah kok jadi ngelantur bahas USSD, ok kembali ke pembahasan sebelumnya.







Nah untuk mengecek pulsa sebenarnya dapat dengan mudah menggunakan software bawaan modem yang kita pakai. Caranya pun gampang, stop terlebih dahulu service gammu kemudian jalankan program bawaan modem untuk mengecek pulsa. Kemudian jika sudah selesai kita jalankan kembali servicenya.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah kita akan membuat aplikasi berbasis php untuk melakukan pengecekan pulsa. 

TIDAK SEMUA MODEM BISA MENSUPPORT PERINTAH CEK PULSA DI GAMMU. PENULIS SUDAH MENGUJINYA DI HUAWEI MODEL E173, DAN BERFUNGSI
 Cek modem dapat dijalankan melalui gammu lewat command prompt, caranya jalankan command prompt sebagai admin, kemudian menuju ke lokasi file gammu di letakkan dan jalankan perintah

gammu getussd kode
berikut hasil dari cek pulsa menggunakan gammu di command prompt


 Berikut kode php form untuk pengecekan pulsa di php

[ download ] 

klik untuk mendownload Berikut hasil dari script diatas jika kita jalankan di browser (waktu yang dibutuhkan sekitar 50 s sampai 1 menit, jadi dimohon bersabar dalam proses pengecekan pulsa)


Ditulis Oleh : khoiril anwar // 20:04
Kategori: