Sunday, 9 December 2012

Pengalaman menggunakan windows 8


Dah lama ndak nulis nih, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang pengalaman saya memakai windows 8. Kita tahu bahwa pada tanggal 26 Oktober 2012, dimana peluncuranya juga menyedot banyak perhatian dari pengguna produk microsoft ini. Setelah sebelumnya pihak microsoft meluncurkan windows 8 versi beta (developer preview dan customer previes). 

Tuesday, 23 October 2012

Addon SPP untuk SMS Gateway

Jika kita pernah bersekolah, pasti kita pernah bayar SPP kan...? kalau ndak ya berarti sekolahe gratis. Hehehe. Nah addon yang saya buat ini digunaka khusus untuk melayani pembayaran SPP. Prosedurnya begini.

Monday, 22 October 2012

Mempercepat internet dengan mengganti DNS

Tau ngak ketika kita mengetikkan www.google.com di browser kita ? mungkin sebagian pembaca berpikir gini "emang gue pikirin". Sebenarnya ketika kita mengakses google lewat browser kita, kita tidak langsung diarahkan ke servernya google. Namun kita harus meminta alamat IP komputer servernya google ke DNS (Domain Name Server).

Thursday, 20 September 2012

Memformat angka menjadi format rupiah

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana memformat angka menjadi format rupiah. Contohnya adalah apabila kita memiliki angka 100000 kemudian kita menginginkan ada pemisah berupa titik dan menjadi 100.000 maka kita bisa menggunakan script berikut ini. Kita ingin menerapkan angka yang ada di database atau di variabel menjadi format rupiah kita bisa menggunakan number_format.

Berikut contoh scriptnya

Friday, 14 September 2012

New Project "Sistem Informasi Manajemen for School"

Sebenarnnya bukan proyek yang baru-baru amat, namun sudah berjalan sekitar 4 bulan yang lalu. Berawal dari beratnya beban ngajar yang mencapai 12 kelas (24 jam seminggu) plus saya harus menghandle jaringan di sekolah saya, menangani web, maintenance lab komputer dan komputer yang ada di area  sekolah ane (waduh kayak superman pokoknya tugasnya). Bayangkan saya harus menghandle sebanyak 300 siswa, coba kalau pas ulangan bareng kita akan disibukkan oleh ngoreksi dan ngoreksi ulangan siswa. Inipun saya alami sebelumnya. Pikir saya, waduh kapan bisa berkarya yang lain kalau gitu.

Saatnya ganti antivirusmu

Nah lo maksudnya apa nih judul. Hehehe, mungkin ini pengalaman pribadi saya. Sebelumnya saya setia (cak ileee kayak apa aja) dengan antivirus AVG 2012 saya. Yang Internet security (versi bajakan, soale mau yang ori ndak punya duit). Kebanyakan orang-orang yang menservice komputernya di ane ane instal sekalian tuh anti virus. Bertahan selama 2 tahunan, akhirnya beberapa hari ini diperingatkan oleh tuh pemilik antivirus kalau license antivirus yang saya pakai mau abis dalam 30 hari.

Monday, 3 September 2012

Review IMO Normandy + Testimony beli di p-store.us

Assalamualaikum para pembaca sekalian. Sedikit bagi pengalaman aja ya.... Ini adalah kali pertama saya melakukan pembelian secara online, kalau jual sih dah sering. Heheh, sempet ragu sih sebenarnya gimana kalau ditipu. Akhirnya dengan bekal teori cara beli online yang aman saya beranikan.

Kenapa sih ane ngebet banget dengan HP ini (kalau ngebet sih ndak tapi kepingin aja). Sebelum lebaran tepatnya pas puasa ramadhan 1433 ane beli majalah pulsa, ane liat ada review tentang HP ini (IMO normandy). Pikir ane wah murah banget nih HP android satu ini. Dengan harga cuman 579.000 kita bisa dapet nih HP.

Friday, 24 August 2012

Membuat grafik menarik di PHP

Banyak sekali library yang bisa gunakan untuk membuat grafik di PHP, jika kita mencari di google dengan kata kunci Garik di PHP maka banyak sekali yang akan ditampilkan. Nah pada kali ini saya akan membahas membuat grafik di PHP menggunakan library open chart flash.

Ok kita mulai saja :
1. Download library open chart flash di link http://adf.ly/CB80r
2. Extract file tersebut di webserver anda (example appserv appser/www/flash)
3. Selanjutnya copykan code berikan dan save di folder tempat library dari open chart flash yang sudah di extract sebelumnya dan beri nama index.php

Thursday, 16 August 2012

Menambahkan informasi Pengunjung yang online di blogspot

Terkadang kita ingin mengetahui berapa banyak pengunjung online yang sedang membaca artikel di blog kita . Caranyapun cukup gampang, ada tiga pilihan penyedia fasilitas tersebut yang bisa kita pilih.

  • whos.amung.us, disini Kode yang diberikan berupa javascript.
  • daylogs.com, menggunakan kode html, jadi bisa di pasang buat Blogspot maupun Wordpress.com, di situ ada 3 pilihan, Map, Icon, dan Smallbutton.
  • www.geovisite.com, Pada situs ini sebenarnya banyak terdapat widget yang lain, seperti Map, Jam, User, Counter, dll. Jika sobat ingin memasang Widget jumlah pengunjung yang Online pilih geoglobe, untuk kodenya ada Javascript dan Html.

Wednesday, 15 August 2012

Kata yang harus dihindari dalam database mysql

Anda pernah dengar kata Reserved Words, kata tersebut adalah sebutan untuk kumpulan perintah dasar yang digunakan oleh bahasa pemrograman maupun sistem database. Kata yang termasuk dalam kategori tersebut tidak boleh kita gunakan dalam penamaan variabel, nama field, nama tabel data, maupun nama database. Kata apa saja yang tidak bisa kita gunakan dalam database mysql?


Berikut ini daftar kata/printah dalam mysql database yang tidak boleh kita gunakan untuk penamaan variabel, tabel, field maupun database.

Saturday, 28 July 2012

Step by step membuat installer untuk Gammu


kali ini saya akan membahas tentang proses pembuatan installer untuk gammu. Bagi pengguna awal mungkin menginstal gammu merupakan hal yang paling sulit (hehehe soale dulu waktu pertama kali nyoba nginstal gammu secara manual sulite minta ampun). Nah dengan tutorial installer gammu ini kita akan membuat installer dari gammu di komputer kita. Sehingga akan mempermudah untuk melakukan instalasi dari gammu.

1. Instal webserver appserv di komputer kita

2. Buat folder di c:/appserv/www/   dengan nama misalkan installer

3. Ambil file gammu di https://www.dropbox.com/s/6cks7w54qfl7yuo/installer.rar  . kemudian extract di folder yang sudah kita buat pada langkah dua


Monday, 16 July 2012

Smartfren andro max (hisense e850)

Nah lo judulnya kok kayak promosi sih? Hehehehe, ndak juga sih. Soalnya ini smartphone ane yang pertama. Setelah sebelumnya berkutat dengan hape SE w950 akhirnya nambah lagi sama nih smartfren andromax ane. Apa sih istimewanya nih hp?

Ane sebelum beli nih hape sebelumnya baca tabloid pulsa yang sengaja membahas bih hape. Pikir ane keren nih hape, akhire ane putuskan untuk beli nih hape. Berkutat-kutat deh menuju 2 toko hape yang lumayan gede lah. Eh ternyata nih hape kagak dijual di di 2 toko ini. Akhire ane putuskan untuk beli langsung di toko resminya smartfren.

Tuesday, 26 June 2012

SMS Gateway V 2.1

Assalamualaikum
Sudah lama banget nih ndak nulis rasanya di liburan kali ini tak sempatkan untuk menulis barang sebaris dua baris. Hehehe. Setelah disibukkan oleh urusan mengajar akhirnya libur telah tiba, lumayan deh dapet libur 1 minggu setengah. 

Jika sebelumnya para pembaca mungkin sudah membaca dan mencoba sms gateway buatan saya yang versi 1.0 maka kali ini saya telah memperbarui beberapa fungsi dan menambahkan beberapa fitur. Kami juga telah memperbaiki interface dari sms gateway kami. Berikut beberapa fitur sms gateway V 2.1 :





Wednesday, 21 March 2012

Pengalaman memakai Smartfren

Nah lo postingan kali ini ngak bahas sms gateway dulu ah. Soalnya masih ngembangin sms server buatan ane yang lebih bagus dari sebelumnya. Ditunggu aja ya, masih 80 % soale jadinya.

Pengalaman ane memakai modem tuh jenis GSM, pas waktu itu mau bikin program sms gateway pakek gammu makanya harus beli modem GSM. Akhire dengan uang nabung ane beli tuh modem dengan merk prolink + paketan sama perdana telkomsel flash.



Thursday, 1 March 2012

Tidak!! Aku tidak mau menikahimu! Aku hanya mengujimu sejauh mana engkau mencintai suamimu


Beliau adalah seorang wanita muslimah yang alhamdulillah Allah karuniakan kepadanya seorang suami yang baik akhlak dan budi pekertinya.Dirumah iapun memilki komputer sebagaimana keluarga muslim lainnya dimana komputer bukan lagi merupakan barang mewah di Lebanon.Sang suami pun mengajari bagaimana menggunakan fasilitas ini yang akhirnya beliaupun mahir bermain internet.Yang akhirnya iapun mahir pula chatting dengan kawan-kawanya sesama muslimah.

Awalnya ia hanya chatting dengan rekannya sesama muslimah,…hingga pada suatu hari ia disapa oleh seorang laki-laki yang mengaku sama-sama tinggal dikota beliau.Terkesan dengan gaya tulisannya yang enak dibaca dan terkesan ramah..sang muslimah yang telah bersuami ini akhirnya tergoda pada lelaki tersebut.

Kawinilah Aku, Kau Kukontrak: Potret Nikah Mut’ah Sepasang Syiah


Untuk kedua kalinya wanita itu pergi ke dokter Hanung, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin di kota Bandung. Sore itu ia datang sambil membawa hasil laboratorium seperti yang diperintahkan dokter dua hari sebelumnya. Sudah beberapa Minggu dia mengeluh merasa sakit pada waktu buang air kecil (drysuria) serta mengeluarkan cairan yang berlebihan dari vagina (vaginal discharge).

Sore itu suasana di rumah dokter penuh dengan pasien. Seorang anak tampak menangis kesakitan karena luka di kakinya, kayaknya dia menderita Pioderma. Di sebelahnya duduk seorang ibu yang sesekali menggaruk badannya karena gatal. Di ujung kursi tampak seorang remaja putri melamun, merenungkan acne vulgaris (jerawat) yang ia alami.

Friday, 24 February 2012

Pesankan Saya Tempat Di Neraka.. (Sebuah Renungan)

Musim panas merupakan ujian yang cukup berat. Terutama bagi Muslimah, untuk tetap mempertahankan pakaian kesopanannnya. Gerah dan panas tak lantas menjadikannya menggadaikan etika.

Berbeda dengan musim dingin, dengan menutup telinga dan leher kehangatan badan bisa terja…ga. Jilbab memang memiliki multifungsi.

Dalam sebuah perjalanan yang cukup panjang, dari Kairo ke Alexandria; di sebuah mikrobus, ada seorang perempuan muda berpakaian kurang layak untuk dideskripsikan sebagai penutup aurat, karena menantang kesopanan. Ia duduk diujung kursi dekat pintu keluar. Tentu saja dengan cara pakaian seperti itu mengundang ‘perhatian’ kalau bisa dibahasakan sebagai keprihatinan sosial.

Kamar itu untuk ibu…Aku akan menempatkan ibu di sana seperti sekarang kakekku hidup

Ibu itu duduk di suatu sore membantu anak-anaknya mengulangi pelajaran mereka…Ia memberikan sebuah buku gambar kepada anaknya yang berusia 4 tahun agar tidak mengganggunya memberikan penjelasan kepada kakak-kakaknya yang lain.

Tiba-tiba saja ia teringat bahwa ia belum menyiapkan makan malam untuk ayah suaminya yang telah lanjut usia yang kebetulan tinggal bersama mereka di rumah itu, namun kamarnya terpisah dari bangunan utama rumah itu. Ia memang selalu berusaha berkhidmat kepada ayah mertuanya itu sedapat mungkin, dan suaminya ridha dengan apa yang ia lakukan kepada sang ayah yang tidak lagi mampu meninggalkan kamarnya karena kesehatannya yang lemah.

Anda akan menangis membaca kisah ini (Seorang Gadis Sholehah Bernama Bar'ah)

Ini adalah kisah gadis berumur 10 tahun bernama Bar`ah, yang orangtuanya dokter dan telah pindah ke Arab Saudi untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Pada usia ini, Bar `ah menghafal seluruh Al Qur’an dengan tajweed, dia sangat cerdas dan gurunya mengatakan bahwa dia sudah maju untuk anak seusianya. Keluarganya kecil dan berkomitmen untuk Islam dan ajaran-ajarannya … . hingga suatu hari ibunya mulai merasa sakit perut yang parah dan setelah beberapa kali diperiksakan diketahuilah ibu bar’ah menderita kanker, dan kanker ini sudah dalam keadaan stadium akhir/kronis.

Test konsentrasi

kalau jawaban anda benar berarti anda hebat sekali tapi syarat menjawabnya

1. Jawab spontan , jangan kelamaan mikir
2. baca satu demi satu.
3. Konsentrasi
langsung aja gan ya

.. Permainan konsentrasi warna ...

Thursday, 23 February 2012

Gagal instal SMS GATEWAY INSTALLER ? cek this out

Assalamualaikum, maaf baru sempet posting tulisan tentang gagalnya instal SMS GATEWAY INSTALLER. Sebenarnya sudah beberapa hari yang lalu ketauan, pas tak coba di instal di laptop temen kenapa installer yang ane buat kok ndak bisa (sampek bingunng ane) tepatnya di  Step 2 : Cek Koneksi Modem. Kok ndak ada pesan tentang info modem yang dipakek pikir ane. Port udah bener, koneksi ok.Terus ane coba kek komputer yang lain. Gubrak tetep ae ngak bisa.

Masalah login pada SMS gateway installer

Bagi anda yang sudah mencoba menggunakan sms gateway installer mungkin ada sedikit kendala ketika akan login kehalaman admin. Biasanya pesan yang ditimbulkan adalah ditolak terus untuk masuk ke admin. Selidik punya selidik ternyata login yang saya pakai masih pakek konsep lama dari mysql. Jadi ketika menginstal appserv (webservernya) harus diaktifkan terlebih dahulu support untuk database jaman dulu. Kalau pakek xamp gimana ? wah ane belum nyoba yang xampp tuh, sementara ini masih pakek appserv.